Translate

AKU adalah AKU....aku yang dilahirkan dari keluarga sederhana dikota kecil,
AKU adalah AKU....aku yang dipecut sejak kecil untuk menjadi manusia yang berguna dihari tua,
AKU adalah AKU....aku yang melihat segalanya dari kacamata seorang manusia,
terimakasih bapak , maturnuwun ibu , bahkan airmata ku pun tak bisa membalas kebaikan ini,
segala puja doa , hanya bisa kukirim ,  untukmu almarhum bapak ibu,
dan hanya bisa bersyukur kepada MU ya ALLOH , Tuhan sang Maha Penyayang ......
purna kata , sudah selayaknya aku harus "memanusiakan manusia dengan nurani".......
aku
,eddiepriyono.

 

Rabu, 22 April 2015

BERPACU DALAM AKURASI



Majalah Human Capital Journal.

Drs Eddie Priyono MM.


Penasehat Lembaga Pusat Studi dan Komunikasi Pemerintahan (PUSKOPEM) , Managing Director PT Victory Group.

Menjelang subuh 22 Juli 2013, saat habis makan sahur di Indonesia . 

Penggemar Moto GP tidak melewatkan atraksi luarbiasa di sirkuit Laguna Seca USA , tempat berpacunya para rider tingkat dunia , memperebutkan  posisi podium , lambang supremasi pembalap terbaik dijagad ini.
Kecepatan tinggi , kebugaran  para rider , ketangguhan mesin motor , ketepatan pemilihan ban sesuai aspal sirkuit , peran crew rider , sebagai bagian penting yang mensupport mereka , adalah kunci  untuk  meraih sukses  .

 Rider  muda , Marc Marquez (93) , sosok yang baru naik dari  klas moto2 , ternyata bisa membuktikan dirinya sebagai the champion melawan senior seniornya .
Marc Marquez ambil kesempatan ini untuk menjadi the first podium .

Ada 3 hal yang terlibat dan sangat menentukan hasil , yaitu , peran rider yang fit dan andal , peran motor  dan  peran crew sebagai supporter , disaksikan  penonton  sebagai saksi dari adu cepat motor ini . 
Hal yang harus kita ambil sebagai acuan dan analisa pemikiran dari acara sport ini adalah , koordinasi yang lengkap dalam siaran ini .

Para rider sebagai pelaku tentu tahu kecepatan motornya yang sedang dipacu saat itu , tapi pada saat yang bersamaan , crew team dan penonton pun bisa tahu dari splash yang ada dilayar televisi , bahkan sampai ke perpindahan gigi persneling , naik turunnya throttle , dan posisi seorang rider dari kompetitornya , yang memang dipasang kamera kamera kecil di motor para rider .

Crew sebagai supporter , juga cepat mengetahui posisi pembalapnya , dan merekapun memberikan informasi lewat board saat rider melintas didepan pits nya .
Penonton didepan  televisi pun puas mendapat  gambaran balap motor ini .

Dan Laguna Seca  pun jadi saksi , betapa  Jorge Lorenzo (99) dan Dani Pedrosa (26) , yang sedang tidak fit , harus melepas podiumnya untuk  Marc Marquez , Stefan Bradl  dan  Valentino Rossi . Kebugaran adalah salah satu kunci untuk meraih cita cita.

  
PENGAWASAN  MELEKAT.


Dalam satu kinerja manajemen , fungsi pengawasan terhadap  performance manager adalah hal yang mutlak . 
Bisa dibayangkan seandainya fungsi pengawasan itu lemah , dan hasil yang buruk baru diketahui setelah waktu berlalu , misalnya pada akhir tahun .

Maka bersiaplah Board of Director  menuai tegoran sampai dengan pemecatan , karena korporasi sudah terlanjur terpuruk , dan tidak ada waktu lagi untuk memperbaiki .
Keterlambatan yang fatal !!.

Dalam satu kinerja yang normal , manajer sudah menerima briefing untuk pencapaian kinerjanya tahun depan , sesuai target dan history tahun sebelumnya . 
Dan setelah meyakini dan membuat strategy pencapaiannya , maka pengawasan terhadap kinerja subordinate  , sampai ke pengawasan terhadap  dirinya oleh superior , merupakan hal yang wajib dan melekat , untuk menghindari gagalnya pencapaian  .

Kemajuan teknologi informasi telah membawa kita kepada kecepatan informasi tentang industri , kemajuan kompetitor , dan kemungkinan membuat  keputusan baru , sebagai dampak dari perubahan eksternal .
Seandainya tidak diikuti dengan sistim pengawasan upto date , tentu akan membahayakan eksistensi korporasi .

Informasi kecepatan pembalap di sirkuit , juga kecepatan pesaingnya , cepat diketahui oleh crew rider , sehingga dengan cepat mereka memberikan info kepada ridernya saat melintas pits  .

Tidak ada kata terlambat , karena mereka masih bertarung di sirkuit dan bisa memperbaiki posisi . Pengawasan dan  Informasi terbaru  , akan membawa korporasi kejalan yang benar , sesuai target yang sudah disesuaikan .

Pengawasan melekat telah menjelma menjadi satu paket yang bukan rigid , tetapi  sebaliknya , flexible menyesuaikan diri dengan keadaan diluar . 
Ada 4 perspektif yang harus dipertimbangkan dalam penyeimbangan pengawasan , yaitu:

1.      Perspektif  Keuangan , sesuai apa yang selalu diminta oleh pemegang saham.

2.      Perspektif  Pelanggan , bagaimana kita mendapatkan “ loyal customer” dalam jangka panjang.

3.      Perspektif  Internal , proses di lingkungan internal untuk mengarahkan tercapainya tujuan                 financial dan kepuasan pelanggan .

4.      Perspektif  Pertumbuhan Pembelajaran , proses meningkatkan dan menciptakan value untuk           memotivasi para talents dalam mengasah kemampuannya.

Dari keempat perspektif tadi , point 3 dan 4 adalah  suatu strategi  yang  memerlukan action ,sesuai informasi upto date  sedangkan poin 1 dan 2 , adalah hasil yang harus dicapai oleh korporasi.

MENGAPA  HARUS  BALANCE  SCORECARD.

Pengukuran kinerja korporasi modern , yang mempertimbangkan keempat perspektif diatas , memerlukan suatu strategi untuk mencapai tujuan .
Diukur dan monitor secara rutin dan berkelanjutan .

Robert S Kaplan  dan  David P Norton  mengembangkan konsep ini , dan Balance Scorecard terus bergulir , dengan semakin majunya teknologi informasi , globalisasi dan  berkembangnya azas open manajemen yang semakin banyak dipraktekkan di dunia bisnis .

Perspektif  Internal , sebagai satu cara untuk mengoptimalkan tujuan financial dan kepuasan customer , memerlukan proses yang mendasar , yang terdiri dari :

1.      Proses Inovasi , jalan untuk pencapaian penelitian, dan pengembangan produk atau jasa yang             dihasilkan korporasi.

2.      Proses Operasi , strategi efesiensi , konsistensi ,dan ketepatan waktu barang dan jasa diterima           customer.

3.      Proses Customer Services , pelayanan keluhan , garansi dan lain lainnya kepada customer.

Penyusunan pengukuran tersebut diatas , akan membantu korporasi memberikan table point untuk para talents , apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus dicapainya .
Dan keempat Perspektif  , merupakan tantangan  talents , setelah diterjemahkan dalam satu deskripsi   
Sebenarnya , sudah ada beberapa konsultan manajemen handal dan commited , yang bisa bersama korporasi , menyusun table ini secara taylor made,  internal, tertutup dan confidential  Korporasi bisa merasakan darah segar yang ikut mengalir dari eksternal , yaitu input dari konsultannya . Pengukuran yang sistematik, lengkap , mudah dipahami dan tentunya achievable .



Penonton  MOTO GP  sebagai ilustrasi “customer” , bisa melihat rider dan crew nya , yang ibarat korporasi dan talents , melaju di sirkuit dengan kencang dan aman , meraih podium kemenangan .

Sama  seperti kemenangan di hari yang fitri ini kita saling maaf memaafkan diantara kita , sesama  insan manusia .
Mohon maaf lahir batin .

Dan marilah kita  melihat kedepan , dengan  “Berpacu Dalam Akurasi” .


s e m o g a.
eddie.priyono@yahoo.com


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan

Iklan
Portal berita ekonomi bisnis keuangan

Total Tayangan Halaman

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular