Seorang remaja , penggemar roti sobek , merek tertentu , tertegun.
Roti sobek kesukaannya kabarnya DI BOIKOT , jangan dibeli , dan ganti beli roti merek lain.
Lhooooo.......
Apa salah roti ini ,yang menurut dia sangat lezat , enak buat sarapan , bisa untuk ganjel perut disaat pulang kuliah , sambil menunggu Commuter line dari Depok .
Dia termangu mangu , bersungut membaca ''berita'' yang sangat santer di internetnya.
Pikirnya.....roti koq disalahin...masak sampai segitunya........
Dan diapun mencoba menanyakan hal ini , kepada senior nya , dengan harapan bisa tahu ,
Ada apa sebenarnya ??? ....sambil berharap ... roti sobek kesayangannya itu tetap beredar .
MARKETING STRATEGY IS ONLY for INTERNAL .
Ternyata ...ada ''maklumat'' yang minta dimaklumi , bahasa yang lagi trending sekarang ini...
Bahwa Perusahaan Roti tersebut mengumumkan ......PEMBAGIAN GRATIS roti produksinya saat ada Demo ehhhh ..... maaf ....salahhh , saat ada AKSI Super Damai tanggal 2 Desember di Monas , adalah bukan policy Perusahaan Roti tersebut.......
Saat itu , menurut MAKLUMAT.....ada Dermawan yang memborong roti yang dijual oleh pedagang gerobak roti produksinya ....... , dan memintanya untuk dibagikan Gratis kepada peserta Aksi Super Damai di Monas..................sesuatu yang indah....dan sangat menyejukkan bagi peserta yang lapar , dan tentu sangat bagus bagi BRAND Roti milik Perusahaan tersebut.........
SEHARUSNYA CUKUP SAMPAI DISINI .
Namun ada tambahan yang sedikit menggelitik masyarakat , khususnya yang sedang sensi saat ini..
Maklumat menambahkan , bahwa Perusahaan TIDAK PERNAH mendukung kegiatan2 seperti ini , tidak berhubungan dengan aksi politik , dan intinya TIDAK BERPIHAK ......
Maklumat yang benar tetapi , menjadi tidak benar ...!!!!
Tambahan Maklumat seperti itu tentu menyulut perasaan tidak simpatik dari para pendukung Aksi Super Damai ini...sangat wajar , karena mereka mempunyai persepsi..............Perusahaan Roti ini ada dipihak '' LAWAN'' mereka........
Biasanya , Marketing Strategy perusahaan seperti roti ini... mempunyai '' TARGET MARKET '' yang sangat jelas.......................
Brand dari produk mereka adalah universal...boleh dikonsumsi siapapun , tidak memandang SARA ,dan bisa diterima siapapun konsumennya........
Brand tersebut tidak berpihak kepada siapapun , apalagi Consumers Product seperti roti , yang tiap hari dikonsumsi secara luas seperti produk roti ini....
Misalnya lagi....ada satu partai politik membeli produk roti ini dalam jumlah besar , mungkin untuk perhelatan mereka......
Janganlah roti ini di identikan , atau DIANGGAP mendukung partai ini.....
Laaaa kalau dianggap pro partai tersebut....
bisa2 anggota partai lain TIDAK MAU MENGKONSUMSI roti ini...
Atau Partai tersebut meminta dana ataupun sumbangan ke Perusahaan Roti tadi....
Tidak perlu membawa slogan , tulisan dan lain2 dari nama Brand atau produknya....
Karena kalau ini terjadi...akan memancing sensitifitas anggota Partai lainnya..
Bisa 2 dianggap LAWAN dan menganjurkan anggota Partainya untuk memboikot Brand tersebut..
Kalau mau memberi sumbangan...lakukan saja , tanpa harus mengaitkan dengan mencantumkan Brand nya.....ini sekedar contoh...karena...BRAND is UNIVERSAL........
Itulah sebabnya...Marketing Strategy.....Brand Strategy....hanyalah dokumen, dipahami dan dilaksanakan , for internal use only.......
waahhh berapa besar anggota atau simpatisan partai lain...
wahhhhh market roti tersebut akan menjadi mengecil.....dan akhirnya menurunkan market sharenya...
Jadi dalam hal ini ....
PRODUK ROTI ini TIDAK BERSALAH....
PERUSAHAAN PENGHASIL ROTI INI juga TIDAK BERSALAH....
YANG SALAH adalah....
MANAJEMEN ataupun MANAGER yang membuat MAKLUMAT INI..
Janganlah ''MARKETING STRATEGY'' yang ada didalam...dibeberkan KEPASAR...
Wong strategy koq dieler eler diluaran....hmmmm.....
MARKETING STRATEGY dibuat , disetujui dan dijalankan dan...hanya untuk keperluan INTERNAL saja.
Kalau sampai nilai saham turun ..bagaimana...??
Kalau imbauan BOIKOT ternyata benar2 dilaksanakan konsumen ...bagaimana...??
Tidak takut ...pasar akan mengecil...???
Dan kompetitor pun akan menggunakan kesempatan ini untuk PENETRATION , ATTACKING Dan bagi PERUSAHAAN Roti ini akan sangat mahal biayanya untuk recover ke situasi sebelumnya..
Dan , si remaja tadipun puas mendengar sedikit penjelasan ini...
Dan , tidak ragu lagi untuk membeli ROTI SOBEK kegemarannya ,
Yang penting kwalitasnya tetap , harganya affordable , dan tersedia dimanapun...
Terutama minimarket....yang berfungsi sebagai neighbour shop dan tersebar dimana mana...
s e m o g a .
111216
eddie.priyono@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.