Translate

AKU adalah AKU....aku yang dilahirkan dari keluarga sederhana dikota kecil,
AKU adalah AKU....aku yang dipecut sejak kecil untuk menjadi manusia yang berguna dihari tua,
AKU adalah AKU....aku yang melihat segalanya dari kacamata seorang manusia,
terimakasih bapak , maturnuwun ibu , bahkan airmata ku pun tak bisa membalas kebaikan ini,
segala puja doa , hanya bisa kukirim ,  untukmu almarhum bapak ibu,
dan hanya bisa bersyukur kepada MU ya ALLOH , Tuhan sang Maha Penyayang ......
purna kata , sudah selayaknya aku harus "memanusiakan manusia dengan nurani".......
aku
,eddiepriyono.

 

Minggu, 11 Desember 2016

'' jeritan roti sobek yang akan disobek ''


























Seorang remaja , penggemar roti sobek , merek tertentu , tertegun.
Roti sobek kesukaannya kabarnya DI BOIKOT , jangan dibeli , dan ganti  beli roti merek lain.
Lhooooo.......
Apa salah roti ini ,yang menurut dia sangat lezat , enak buat sarapan , bisa untuk ganjel perut disaat pulang kuliah , sambil menunggu Commuter line dari Depok .
Dia termangu mangu , bersungut membaca ''berita'' yang sangat santer di internetnya.
Pikirnya.....roti koq disalahin...masak sampai segitunya........
Dan diapun mencoba menanyakan hal ini , kepada senior nya , dengan harapan bisa tahu ,
Ada apa sebenarnya ??? ....sambil berharap ... roti sobek kesayangannya itu tetap beredar .


MARKETING  STRATEGY  IS ONLY  for  INTERNAL .

Ternyata ...ada ''maklumat'' yang minta dimaklumi , bahasa yang lagi trending sekarang ini...
Bahwa Perusahaan Roti tersebut mengumumkan ......PEMBAGIAN GRATIS  roti produksinya saat ada Demo ehhhh ..... maaf ....salahhh , saat ada  AKSI Super Damai tanggal 2 Desember di Monas , adalah bukan policy Perusahaan Roti tersebut.......
Saat itu , menurut MAKLUMAT.....ada Dermawan yang memborong roti yang dijual oleh pedagang gerobak roti produksinya ....... , dan memintanya untuk dibagikan Gratis kepada peserta Aksi Super Damai di Monas..................sesuatu yang indah....dan sangat menyejukkan bagi peserta yang lapar , dan tentu sangat bagus bagi BRAND Roti milik Perusahaan tersebut.........

SEHARUSNYA CUKUP SAMPAI DISINI .



Namun ada tambahan yang sedikit menggelitik masyarakat , khususnya yang sedang sensi saat ini..

Maklumat menambahkan , bahwa Perusahaan TIDAK PERNAH mendukung kegiatan2 seperti ini , tidak berhubungan dengan aksi politik , dan intinya TIDAK BERPIHAK ......
Maklumat yang benar tetapi , menjadi tidak benar ...!!!!


Tambahan Maklumat seperti itu tentu menyulut perasaan tidak simpatik dari para pendukung Aksi Super Damai ini...sangat wajar , karena mereka mempunyai persepsi..............Perusahaan Roti ini ada dipihak '' LAWAN'' mereka........

Biasanya , Marketing Strategy perusahaan seperti roti ini... mempunyai '' TARGET  MARKET '' yang sangat jelas.......................
Brand dari produk mereka adalah universal...boleh dikonsumsi siapapun , tidak memandang SARA ,dan bisa diterima siapapun konsumennya........
Brand tersebut tidak berpihak kepada siapapun , apalagi Consumers Product seperti roti , yang tiap hari dikonsumsi secara luas seperti produk roti ini....

Misalnya lagi....ada satu partai politik membeli  produk roti ini dalam jumlah besar , mungkin untuk perhelatan mereka......
Janganlah  roti ini di identikan , atau  DIANGGAP  mendukung partai ini.....

Laaaa kalau dianggap pro partai tersebut....
bisa2 anggota partai lain TIDAK MAU MENGKONSUMSI roti ini...
Atau Partai tersebut meminta dana ataupun sumbangan ke Perusahaan Roti tadi....
Tidak perlu membawa slogan , tulisan dan lain2 dari nama Brand atau produknya....
Karena kalau ini terjadi...akan memancing sensitifitas anggota Partai lainnya..
Bisa 2 dianggap LAWAN dan menganjurkan anggota Partainya untuk memboikot Brand tersebut..
Kalau mau memberi sumbangan...lakukan saja , tanpa harus mengaitkan dengan mencantumkan Brand nya.....ini sekedar contoh...karena...BRAND is UNIVERSAL........

Itulah sebabnya...Marketing Strategy.....Brand Strategy....hanyalah dokumen, dipahami dan dilaksanakan , for internal use only.......

waahhh berapa besar anggota atau simpatisan partai lain...
wahhhhh market roti tersebut akan menjadi mengecil.....dan akhirnya menurunkan market sharenya...

Jadi dalam hal ini ....
PRODUK ROTI  ini  TIDAK  BERSALAH....
PERUSAHAAN  PENGHASIL ROTI INI  juga  TIDAK BERSALAH....

YANG SALAH adalah....
MANAJEMEN  ataupun  MANAGER  yang  membuat  MAKLUMAT INI..
Janganlah  ''MARKETING STRATEGY''  yang ada didalam...dibeberkan  KEPASAR...
Wong strategy koq dieler eler diluaran....hmmmm.....

MARKETING STRATEGY dibuat , disetujui dan dijalankan dan...hanya untuk keperluan INTERNAL saja.

Kalau sampai nilai saham turun ..bagaimana...??
Kalau imbauan BOIKOT ternyata benar2  dilaksanakan konsumen ...bagaimana...??
Tidak takut ...pasar akan mengecil...???
Dan kompetitor pun akan menggunakan kesempatan ini untuk PENETRATION , ATTACKING         Dan bagi PERUSAHAAN Roti ini akan sangat mahal biayanya untuk recover ke situasi sebelumnya..

Dan , si remaja tadipun puas mendengar sedikit penjelasan ini...
Dan , tidak ragu lagi untuk membeli  ROTI SOBEK  kegemarannya ,
Yang penting kwalitasnya tetap , harganya affordable , dan tersedia dimanapun...
Terutama minimarket....yang berfungsi sebagai neighbour shop  dan tersebar dimana mana...

s e m o g a .





111216
eddie.priyono@yahoo.com





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan

Iklan
Portal berita ekonomi bisnis keuangan

Total Tayangan Halaman

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular